Jalan Jalan

3 Days 2 Nights in Venice – Part 2

Hari Kedua di Venice: 25 Juni 2018.

Tujuan pertama kita di hari kedua adalah Murano & Burano Island, kepulauan kecil yang ada di Venetian Lagoon. Berangkat dari Airbnb jam 7.30am ke Piazzale Roma. Sebelum boarding ke Vaporetto, aku dan Dila sempat mampir ke satu cafe di area Piazzale Roma, beli air mineral dan Pie untuk sarapan. Dari Piazzale Roma kita naik Vaporetto (Boat) Nomor 3 sekitar 30 menit ke Pulau Murano. Sayangnya pagi itu cuacanya nggak seindah yang dibayangkan. Hujan deras!

 

Sampai di Murano, pulaunya masih sepi banget. Selain karena emang masih pagi, juga karena hujan deras. Nggak lama kita di Murano, kita memutuskan untuk lanjut ke Burano. Dari Murano ke Burano, naik Vaporetto sekitar 25 menit. Alhamdulillah waktu sampai di Burano cuacanya udah bagus.

 

Burano Island, selain terkenal dengan kerajinan renda (Lace) nya juga terkenal sama bangunan rumah yang warna-warni. Begitu sampe di Burano, Dila pengen banget nyari rumah warna-warni yang ada jemuran di depannya, hahaha. Sayangnya karena waktu itu masih pagi dan baru saja selesai hujan, agak susah nyari rumah yang udah pasang jemuran khan ya.

 

Setelah hampir dua jam kita keliling dan foto-foto di Burano Island, kita naik Vaporetto lagi ke Rialto Bridge, demi untuk nyari toilet! Iya, nyari toilet. Ternyata nggak mudah nemuin toilet umum di Venice. Setelah baca peta dan nyari di google, ada 5 toilet umum yang ditandain ‘katanya’ mudah ditemuin. Dan itu lokasinya berjauhan, beneran jauh hahaha. Mesti naik Vaporetto sekitar 20 menit dulu antar toiletnya. Kita memutuskan ke toilet yang ada di area Rialto Bridge, biar sekalian bisa jalan-jalan dan makan siang. Setelah menemukan si toilet, nyengir juga kita awalnya, mahal ternyata! Kudu bayar €1.5 perorangnya, dan biasa aja toiletnya. Kalo di Jerman sih €0.50, itu juga banyak yang toiletnya bagus, makanya berasa mahalnya hehehe. Tapi ya karena butuh, ya gimana lagi khan yaa..

 

Tujuan utama kita siang itu ke area Rialto Bridge selain untuk cari toilet sebenarnya adalah untuk makan siang di “Zikiya”, All You Can Eat Japanese Restaurant. Harga untuk all you can eat di jam makan siangnya €13.90. Beda cerita kalo datangnya waktu makan malam ya, harga untuk dinner €23.90. Pilihan menunya banyak sih, selain sushi, banyak pilihan untuk seafood, asian food dan juga dessert. Kalo pengen makan banyak, Zikiya bisa jadi pilihan untuk makan siang di Venice. Lumayan, buat nambah tenaga jalan-jalan lagi 🙂

 

Salah satu must visit place yang ada di Venice adalah Piazza San Marco atau dalam bahasa inggris lebih dikenal dengan St. Mark Square. Kita ke sana sekitar jam 5 sore, dan itu waktu pas panas-panasnya. Rasanya mau buka mata aja susah saking silaunya. Tadinya kita pengen naik ke menaranya biar bisa lihat kota Venice dari ketinggian. Tapi sayangnya kalo sore antriannya puanjang! Jadi kita cuma foto-foto di depan The Patriarchal Cathedral Basilica of Saint Mark.

 

Salah satu itinerary kita di Venice adalah makan Cumi Tinta Hitam di “Acqua E Mais“, salah satu street food yang terkenal di Venice. Vaporetto stop yang terdekat adalah San Silvestro ACTV Stop. Dari situ jalan kaki sekitar 300 meter melewati gang gang kecil yang lumayan bikin bingung. Waktu kita sampe di Acqua e Mais, antriannya lumayan panjang, apalagi waktu itu sudah hampir jam tutup, jadi makinlah ramai. Dila order Black Ink Squid (€6.5), dan aku pesan menu Mix Seafood (€7) yang isinya Fried Calamari, Fried Fish (nggak tau nama jenis ikannya, kayak ikan asin versi lebih gendut hehehe), Fried Shrimp dan Mashed Potato. Kalo dilihat sih keliatannya sedikit, tapi ternyata waktu makan kok ya nggak habis-habis, isinya banyak! Kalo teman-teman ke Venice, harus banget nyobain makan di Acqua e Mais. Kalo aku sih malah lebih suka Mix Seafoodnya daripada yang lebih terkenal, si Black Ink Squidnya, hehehe.

 

Menjelang sunset, aku dan Dila memilih untuk duduk-duduk di area Grand Canal, tepatnya di pelataran Basilica di Santa Maria della Salute. Sebelum pulang ke airbnb, kita juga menyempatkan untuk menyebrang ke Piazza San Marco sekali lagi, karena esoknya kita sudah harus pulang ke Hamburg.

3e00823f-1f82-4791-9ead-ca4153b0b625
Sunset Time at Rialto Bridge.
e046bf62-5f8b-4e6c-8e38-a8f1efca30ef
After Sunset, San Marco Vaporetto Station

 

 

 

Hari kedua di Venice kita tutup dengan makan Gelato di seberang jalan airbnb tempat kita tinggal. Rasanya belum lengkap kalo ke Italy tapi nggak makan Gelato khan ya..


Pengeluaran Venice Trip Day 2: Anisya’s

  • Breakfast: Air Mineral 500ml + Pie = €2.5
  • Toilet = €1.5
  • Lunch Package at “Zikiya” All You Can Eat Restaurant + Coca Cola = €18
  • Beli Postcards dan Fridge Magnet = €10
  • Mixed Seafood at Acqua E Mais = €7
  • Gellato = €2
  • Airbnb Day 2: €38/room. Sharing, bagi dua sama Dila: €19/orang

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s