Jalan Jalan

3 Days 2 Nights in Venice – Part 3

Hari Ketiga di Venice: 26 Juni 2018.

Pesawatku dan Dila untuk balik ke Hamburg jadwalnya jam 1.15pm CEST. Artinya kita sudah harus sampai di Treviso Airport maksimal jam 12pm. Perjalanan naik bus dari Piazzale Roma, Terminal Bus yang juga transport hub-nya kota Venice, ke Treviso Airport memakan waktu kira-kira 1 jam 20 menit. Jadi kita memutuskan untuk check out pagi sekalian, dan menyempatkan jalan-jalan sebentar di sekitar Rialto Bridge & Piazzale Roma sebelum pulang. FYI, di Venice ada 2 airport yang berbeda ya: Venice Marco Polo Airport (VCE), yang lokasinya lebih dekat dengan kota, dan satu lagi Venice Treviso Airport (TSF), low cost airport-nya Venice yang lokasinya lumayan jauh agak di luar kota.

Untuk teman-teman yang bisa bangun pagi, saranku sih coba aja ke tempat-tempat wisatanya sekalian mruput pagi pagi gitu. Mumpung belum terlalu rame, jadi kalo mau foto-foto juga masih bagus, belum banyak yang bakalan ikut foto sebagai background.

Rialto Bridge kalo siang atau sore ramenya kebangetan. Buat permisi numpang lewat aja susah saking padatnya. Tapi pagi itu kita datang sekitar jam setengah 8, sangat bersyukur! Masih sepi banget, jadi bisa puasin foto-foto dulu sebelum pulang ke Hamburg.

Setelah foto foto sebentar di Rialto Bridge, kita menuju Piazzale Roma dan kita langsung beli tiket bus tujuan Treviso Airport dengan harga €12. Busnya berangkat setiap 20 menit sekali. Sambil menunggu bus, aku menyempatkan untuk menulis kartu post untuk beberapa teman di Indonesia.

Sebelum datang ke Venice, aku banyak baca komentar negatif tentang kota ini. Banyak yang bilang kotanya bau dan juga banyak pickpocket. Tapi alhamdulillah, selama 3 hari kita di Venice, aman damai sentosa, nggak mencium bau bau nggak enak yang gimana gimana. Cuma sekitar beberapa menit waktu ngelewatin satu Bridge setelah Rialto Bridge yang itu justru pas kita udah mau pulang, sekali itu aja kita mencium bau semacam bau comberan. Pas ada bau nggak enak itu baru deh kita inget sama cerita cerita nggak enak soal baunya kota Venice. Untung pas udah mau pulang ya, hehehe.

Thank you Venice, we had a great time.. Insya Alloh, semoga bisa kembali ke Venice lagi, sama Wahyu dan/atau sama keluarga.. Terima kasih juga untuk Dila, sudah ngajakin ke Venice dan jadi travel partner yang oyyeee.. Semoga ada kesempatan kita bisa nge-trip bareng lagi yaa 😀

Pengeluaran Venice Trip Day 3: Anisya’s

• Air Mineral & Chips untuk Sarapan = €4
  • Perangko International 6pcs = 7.5
  • Tiket Bus dari Piazzale Roma ke Treviso Airport = €12
  • Tiket Pesawat Venice Treviso Airport – Hamburg Airport = €24
  • Oleh-oleh cemilan untuk Wahyu = €5

Total semua pengeluaran selama 3 Days 2 Nights di Venice (Sudah termasuk tiket pesawat, penginapan, transport, dan lain-lain) = €126.9 + €60 + €52.5 = €239.4, yang kalau di convert ke Rupiah, kisaran Rp 4.100.000. Nggak semahal yang dibayangkan khan? (Well, karena ada yang ngira sekali trip aku habisnya bisa lebih dari 5jutaan) 😀